Bagaimana Habitat dan Cara Hidup Kutu?.TKutu mempunyai ke khasan inang, kutu bisa berparasit pada benda, manusia atau hewan. Peranan kutu dalam kesehatan manusia terutama adalah akibat gigitan yang ditimbulkannya, apalagi pada infestasi yang tinggi.

JENIS KUTU

  1. Kutu Kasur

Kutu kasur bisa disebut dengan tungu, tinggi, bangsat, atau kutu busuk. Hewan ini hidup di kasur, karpet atau sofa. Mereka menghisap darah dan tekadang meloncat saat mencari parasit. Daya tahan mereka cukup baik, kepinding bisa bertahan tanpa makan dalam berhari-hari. Para kutu busuk sering mengunakan serangan gerilya di malam hari dan sembunyi setelah menghisap darah anda

  1. Pinjal

Pinjal adalah serangga parasit yang ukurannya sangat kecil, kurang dari 1 inci. Pinjal tidak bersayap namun sangat mahir melopat dan sangat sukar untuk ditangkap. Pinjal kerap ditemukan hidup di karpet atau tempat tidur. Pinjal berasal dari bulu anjing atau kucing dan masuk ke dalam rumah. Pinjal dapat menggigit manusia yang menyebabkan rasa gatal yang hebat selama berhari-hari, meninggalkan bentol yang besar (lebih besar dari gigitan nyamuk) dan berwarna merah.

  1. Kutu Busuk

                Kutu busuk atau kepinding adalah serangga parasit yang ditemukan hidup di karpet atau tempat tidur. Kutu busuk menggigit manusia tanpa ketahuan dan menimbulkan rasa gatal, ruam serta alergi. Kutu busuk sangat sengang tinggal di karpet dan kasur. Jemur dan angin-anginkan karpet dan kasur secara berkala untuk mengindari kehadiran kutu busuk.

PERILAKU KUTU

Kutu mempunyai ke khasan inang, kutu bisa berparasit pada benda, manusia atau hewan. Peranan kutu dalam kesehatan manusia terutama adalah akibat gigitan yang ditimbulkannya, apalagi pada infestasi yang tinggi. Gigitan kutu menimbulkan kegatalan dan iritasi yang berakhir dengan perlukaan kulit akibat garukan. Daya tahan tubuh kutu sangat baik sehingga sulit dibasmi. Kutu atau tungau biasanya hidup di kelembaban tertentu sehingga rumah harus mengatur kelembabannya agar tidak menjadi tempat penyebaran kutu.

BIOLOGI DAN HABITAT KUTU

Kutu akan hidup dan berparasit pada inangnya, misalnya kutu kasur atau pinjal akan ditemukan di karpet, sofa atau tempat tidur. Mereka menyukai tempat-tempat tersembunyi, lembab dan tempat yang bisa memberi mereka makanan.

KERUGIAN DAN KERUSAKAN YANG DISEBABKAN KECOA

Kutu menyebabkan kerugian pada inangnya. Kutu kasur atau pinjal akan menyebabkan gatal-gatal merah dan bengkak. Pada beberapa kasus kutu bisa sampai bertelur di dalam inangnya.

LANGKAH MENGURANGI TIKUS DI RUMAH

  1. Gunakan pembersih vakum untuk membersihkan karpet dimana kucing atau anjing Anda tidur.
  1. Hati-hati membersihkan atau mengosongkan pemberish vakum karena kutu akan masih hidup.
  2. Kibaskan karpet dan tempat tidur binatang Anda sehingga kutu dan telurnya jatuh.
  3. Cuci tempat tidur binatang Anda setiap minggu dengan suhu ideal di atas 50°C untuk mematikan kutu.
  4. Perhatikan saat mengganti karpet, memasang tempat tidur dan lain lain, untuk menghindari penyebaran telur kutu.
  5. Pertimbangkan menaruh tempat tidur binatang peliharaan Anda di tempat tanpa karpet, seperti di lantai kayu.

 

Share it